Gina Site

I just want to express my life

Thursday, January 29, 2009

CAP GO MEH


viharaCap Go Meh atau hari ke-15 sejak tahun baru Cina segera menjelang. Pada tahun 2009 ini Cap Go Meh jatuh pada tanggal 9 Februar 2009. Masyarakat keturunan tionghoapun sudah mulai menyambutnya. Di Kota Pontianak, rencananya akan diadakan arakan naga dengan jalur Jalan Agus salim-Jalan Gajah Mada-Jalan Pahlawan-Jalan Tanjung Pura dan kembali ke Jalan Agus Salim.
Semula arakan naga ini ditentang oleh beberapa kelompok element masyarakat, akan tetapi sepertinya akan tetap berlangsung karena Pemkot dan Kapolda Kalbar mendukung akan dilaksanakan.
Lumayanlah buat hiburan masyarakat, paling tidak bisa jadi tujuan wisata, ke kota Pontianak. Pada puncak acara Cap Go Meh nanti, seperti tahun-tahun kemarin akan banyak atraksi bisa di lihat,salah satu yang menarik adalah tatung-tatung (dukun) akan keluar menunjukkan kebolehannya.
barongsaitatungSekarang saja suasananya mulai terasa, dimana disetiap tempat yang ada moyoritas tionghoa ada Barongsai yang jalan-jalan, petasan dan kembang api berwarna warni dengan nilai mencapai jutaan rupiah bisa dihabiskan dalam 1 (satu) malam, Kalau dilihat pada malam hari sangat indah..hanya sayang beberapa hari ini hujan terus menguyur kota pontianak.

Saya pernah melihat ada tatung yang diusung dalam tandu beralaskan senjata tajam dan berhiaskan tombak. Namun, ia tidak merasa sakit sedikit pun, karena dalam keadaan dirasuki arwah seorang suhu. Ritual ini disebut  embersihan, yang meliputi doa dan pemercikan air daun suci untuk  pembuang sial, semoga saja ya...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

I must comment

<< Home