Gina Site

I just want to express my life

Wednesday, October 29, 2008

Tentang Manik-Manik


Semua orang pasti tahu bahkan pernah melihat yang namanya manik-manik, tapi banyak yang tidak tahu dari bahan apa saja manik-manik tersebut dibuat. Manik-manik yang lebih dikenal adalah manik-manik yang terbuat dari kaca ataupun dari batu.

Sebenarnya manik-manik yang selama ini kita kenal dengan aneka bentuk dan warna yang begitu indah ternyata terbuat dari bahan kerang, tulang, batu indah, tanah liat, logam, biji, getah.

Dahulu manik-manik bukan hanya dijadikan perhiasan atau asesoris seperti sekarang ini, tapi manic-manik dipakai sebagai lambang atau symbol kedudukan seseorang dalam masyarakat. Selain itu manic-manik juga dijadikan sebagai alat tukar atau uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Manik-manik telah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu, dan saya pernah membaca bahwa manic-manik yang ditemukan di Indonesia setelah diteliti dan dianalisa oleh para ahlinya berasal dari masa prasejarah, sebelum abad ke-5.Jadi dapat dikatakan kalau manik-manik adalah benda seni tertua di dunia.

Untuk suku dayak sendiri, perhiasan manic-manik selalu di gunakan untuk keperluan upacara adat

Sekarang ini perkembangan perhiasan manic-manik semakin pesat, banyak perempuan-perempuan yang dengan bangga menggunakan perhiasan dari manic-manik.Hanya saja manic-manik yang dikenal sekarang banyak yang di desain sedemikian rupa sehingga menjadi lebih ekslusif dengan bahan dasar kaca.

Manik-manik sekarang ini beraneka ragam corak dan bentuknya, akan tetapi kita akan tetap bias membedakan bahan dasarnya yaitu.

1. Manik batu kuarsa putih(rock chrystalk).

Manik ini jarang ditemukan dan mempunyai berbagai bentuk dan ukuran. Manik ini telah ada dari awal Masehi dan diperkirakan berasal dari Arikamedu, India Selatan.

2. Manik batu oniks (onyx)

Manik ini juga berasal dari India pada masa prasejarah. Sebenarnya batu oniks adalah batu akik yang memiliki garis putih di atas dasar hitam kecoklatan dan hamper semuanya buatan manusia.Batu akik yang bergaris-garis bias di buat oniks dengan mencelupkannya ke dalam madu atau air gula, lalu dipanaskan. Selain itu bias juga dimasukkan ke dalam asam belerang yang kemudian menjadi karbon, sehingga tercipta oniks hitam putih.

3. Manik akik darah atau kornelian.

Manic ini banyak ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran, sebagian besar berbentuk kerucut ganda segi delapan. Manik ini diperkirakan berasal dari jawa dan india.

4. Manik Amber

Manic amber alah manic yang berbahan dasar dari fosil getah pohon-pohon yang hidup di daerah subtropis 60 – 80 tahun yang lalu. Sejak dahulu amber selalu dicari dan diinginkan karena dipercaya memiliki daya penyembuhan.

5. Manik Logam

Manik logam terdiri atas emas dan perunggu. Manik Logam hanya sedikit yang ditemukan. Gaya dan bentuk manic dan hiasan emas diperkirakan mulai dibuat sejak tahun 200 M sampai 100 M.

6. Manik tanah liat

Manik ini memiliki berbagai bentuk dan diperkirakan dibuat dengan tangan ataupun dengan cetakan.

7. Manik Kaca

Manik kaca dibuat dari dari pasir kuarsa, soda atau potassium dan kapur. Bahan utamanya adalah silica yang ada dalam pasir kuarsa. Soda sendiri berasal dari abu kayu, sedangkan potassium dari abu rumput laut.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

I must comment

<< Home