Gina Site

I just want to express my life

Friday, December 12, 2008

Pakaian Tradisional Suku Dayak

Di Kalimantan Barat  didiami oleh berbagai suku, dan suku aslinya adalah suku Dayak dan Melayu. Untuk suku dayak sendiri banyak bertempat tinggal di pedalaman, sedangkan suku melayu banyak tinggal dipesisir, akan tetapi itu dulu sekarang mereka sudah berbaur, dan hidup berdampingan layaknya keluarga.
Suku Dayak memiliki pakaian tradisional yang terbuat dari manik-manik asli ada juga dari kain tenun.

Labels:

1 Comments:

Blogger Florentinus Salassaga said...

Melayu tidak termasuk Suku asli Kalimantan mereka adalah pendatang.
Menurut ahli sejarah, dulunya benua Asia dan pulau Kalimantan yang merupakan bagian nusantara yang masih menyatu, yang memungkinkan ras mongoloid dari asia mengembara melalui daratan dan sampai di Kalimantan dengan melintasi pegunungan yang sekarang disebut pegunungan “Muller-Schwaner”. "Suku Dayak merupakan penduduk Kalimantan yang sejati. Namun setelah orang-orang Melayu dari Sumatra dan Semenanjung Malaka datang, mereka makin lama makin mundur ke dalam".

Belum lagi kedatangan orang-orang Bugis, Makasar, dan Jawa pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Suku Dayak hidup terpencar-pencar di seluruh wilayah Kalimantan dalam rentang waktu yang lama, mereka harus menyebar menelusuri sungai-sungai hingga ke hilir dan kemudian mendiami pesisir pulau Kalimantan. Suku ini terdiri atas beberapa suku yang masing-masing memiliki sifat dan perilaku berbeda.

December 21, 2008 at 6:54 PM  

Post a Comment

I must comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home